Pensiunan Tidak Puas Dengan Penurunan Tarif FD selama Covid. Apa yang harus dilakukan?

Pensiunan Tidak Puas Dengan Penurunan Tarif FD selama Covid.  Apa yang harus dilakukan?

Satu hal yang sangat dipengaruhi oleh Covid adalah ekonomi global dan suku bunga. Di Singapura, suku bunga deposito tetap kami terkait erat dengan suku bunga di Amerika Serikat. Kita dapat mengharapkan suku bunga melayang sedikit di atas nol persen untuk jangka pendek dan menengah. Untuk manula yang bergantung pada bunga deposito tetap untuk memenuhi kebutuhan, ini adalah berita buruk. Tanpa mengambil lebih banyak risiko, apa yang harus dilakukan manula?

Jika Anda ingin tetap menggunakan deposito tetap, maka inilah saatnya untuk memperhatikan bagaimana bank menaikkan suku bunga mereka. Berikut adalah suku bunga deposito DBS dari bank DBS (2 Sep 2020). Jika Anda melihat 12 bulan, setoran tetap $20.000 memberi Anda 1,15% per tahun tetapi $500.000 hanya memberi Anda 0,15% – terkejut? Itu berarti bahwa ketika deposito tetap Anda jatuh tempo atau jika Anda ingin menempatkan deposito tetap baru, Anda harus mempelajari grafik untuk memaksimalkan suku bunga Anda. Jika tidak, Anda akan dikenakan penalti ketika deposit tetap Anda secara otomatis diperpanjang hampir nol persen dalam beberapa kasus!Lihatlah promosi deposito tetap yang ditawarkan oleh bank – selain dari 3 Besar – yaitu. UOB, DBS dan OCBC. Bank asing dan perusahaan pembiayaan umumnya menawarkan suku bunga deposito tetap yang lebih tinggi dengan promosi mereka – tetapi perlu diingat bahwa Anda hanya boleh berbisnis dengan entitas yang diatur oleh Otoritas Moneter Singapura. Kelemahannya adalah Anda akan diminta untuk secara aktif mengelola simpanan tetap Anda dengan tidak membiarkan mereka melakukan rollover otomatis dan memindahkan uangnya. Sebagian besar tarif promosi memerlukan “dana segar” dari bank lain. Jika Anda ingin memainkan permainan ini, Anda harus bersiap untuk bekerja keras! Tempat lain untuk mencari bunga yang lebih baik dan masih aman adalah obligasi pemerintah Singapura atau quasi-government. Biasanya, risiko kehilangan pokok Anda hampir minimal jika Anda memegang obligasi hingga jatuh tempo, tetapi jika Anda harus menjual obligasi, harganya mungkin lebih tinggi atau lebih rendah dari yang telah Anda bayarkan. Kabar buruknya adalah untuk mencari tingkat bunga yang lebih baik, Anda harus membeli obligasi dengan jatuh tempo yang sangat panjang. Misalnya, hasil terbaik untuk kelas obligasi ini (di bondsupermarket.com Spet 2, 2020) hanya pengembalian 2,84% jika Anda memegang hingga jatuh tempo pada tahun 2050! Obligasi PUB, LTA dan HDB yang jatuh tempo antara 10-15 tahun menghasilkan antara 1,39% hingga 1,56%, jika dimiliki hingga jatuh tempo. Anda harus ingat bahwa obligasi tidak likuid seperti deposito tetap dan disertai dengan biaya transaksi, dan harganya akan berfluktuasi berdasarkan tarif bebas risiko pasar di Singapura. Sisi positifnya adalah ini adalah instrumen yang aman yang dapat menawarkan Anda tingkat bunga tetap dalam jangka waktu yang lama. Jangka waktu deposito tetap sering kali tidak melebihi 24 bulan. Menempatkan uang ke rekening CPF Anda hari ini mungkin anehnya menjadi tempat terbaik untuk mendapatkan tingkat bunga bebas risiko tertinggi. Rekening biasa memiliki tingkat bunga yang diatur minimal 2,5%. Lantai saat ini untuk Akun Khusus dan MediSave​ adalah 4%, dan hal yang sama berlaku untuk Akun Pensiun. Tentu saja, ada aturan kompleks yang berlaku untuk setiap akun dan bagaimana serta kapan aturan tersebut dapat digunakan. Lihat https://www.cpf.gov.sg/Members/AboutUs/about-us-info/cpf-interest-rates.

Pada titik pandemi ini, saya tidak akan merekomendasikan ekuitas atau REITS bahkan dalam saham blue chip besar – kecuali jika Anda memiliki selera risiko yang signifikan. Bahkan saham unggulan di SGX telah mengalami banyak tekanan – tidak terlihat lagi selain Singapore Airlines. Tolong tahan godaan untuk mengejar hasil dan mengorbankan keselamatan. Sebagai seorang pensiunan, Anda mungkin tidak memiliki kemewahan untuk membuat sarang telur Anda dengan gaji lebih banyak dan Anda mungkin tidak akan memiliki cakrawala waktu yang lama untuk menunggu pasar pulih. Tidak ada pandemi dalam sejarah dunia kita yang bahkan hampir menghancurkan ekonomi global dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya seperti Covid-19. Demikian juga, tidak ada panduan tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pulih. Jadi ini bukan waktunya untuk melempar dadu dengan investasi berisiko!

Seperti ini:

Seperti Memuat…

Author: Brandon Rivera